HAZARDOUS CONDITIONS FOR CAR PAINT

Dalam perawatan kendaraan khususnya cat kendaraan anda adalah aspek yang sangat mempengaruhi tampilan kendaraan anda, dalam penggunaan sehari-hari banyak terdapat kondisi yang dapat membahayakan bahkan merusak kendaraan anda jika tidak barengi dengan pengetahuan yang memadai dari pemilik kendaraan. Berikut adalah beberapa permasalahan yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan agar dapat mengantisipasi, meminimalisir atau bahkan menghindari jika menghadapai kondisi yang dapat membahayakan lapisan permukaan cat kendaraan anda.

Scratch, atau yang biasa disebut baret adalah suatu permasalahan yang sulit sekali untuk dihindari oleh pemilik kendaraan. Baret terdapat beberapa macam diantaranya adalah Swirls, atau baret rambut/Jaring laba-laba. Jenis ini adalah jenis baret yang paling ringan atau halus, berikutnya adalah jenis baret light scratch atau baret halus yang tidak terasa jika digaruk menggunakan kuku. Kedua jenis baret diatas masih dapat ditangani menggunakan paint correction dengan lebih mudah. Yang terakhir adalah Deep Scratch, atau baret dalam baret dalam kategori ini dimulai dari baret yang terasa jika digaruk menggunakan kuku sampai dengan kondisi dimana cat sudah terkelupas. Sebenarnya baret adalah permasalahan yang mustahil untuk dihindari, Baret halus hanya dapat diminimalisir menggunakan proteksi cat dan didukung dengan perawatan yang sesuai standar yang dianjurkan untuk mendapatkan daya tahan yang lebih lama.

Banyak orang Indonesia mengatakan, tempat menentukan prestasi. Istilah tersebut sangat sesuai jika dikaitkan dengan jenis permasalahan pada cat kendaraan yang satu ini. Sap atau yang biasa disebut getah pohon adalah salah satu kontaminan yang cukup berbahaya jika menetes atau mengenai lapisan permukaan cat kendaraan anda. Jika panel body kendaraan terkena getah dalam waktu yang singkat saja akan sangat sulit dibersihkan, bagaimana jika didiamkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain akan sangat sulit dibersihkan, getah tersebut juga akan bereaksi terhadap permukaan cat kendaraan anda tentunya akan menjadi lebih parah jika didukung dengan cuaca yang ekstrim serta perawatan dan penanganan yang minim. Untuk itu ada baiknya lebih peka dan berhati-hati dalam memilih tempat dimana kendaraan anda akan diparkir.

Perlu diperhatikan juga kotoran hewan seperti Burung maupun kelelawar juga merupakan kontaminan yang sangat berbahaya jika ditilik dari kandungan acid yang ada didalamnya. Segera seka dengan air atau gunakan cairan khusus pembersih jika sudah mengering pada cat kendaraan anda.

Ada baiknya jika anda berniat memiliki kendaraan terlebih dahulu pertimbangkan perihal tempat dimana anda akan menyimpan kendaraan tersebut. Dikarenakan kondisi kendaraan nantinya akan sangat terpengaruh dengan tempat tersebut. Kendaraan yang terpapar cuaca secara langsung seperti terik nya sinar matahari dan dinginnya air hujan akan lebih cepat mengalami oksidasi diawali dengan watermarks, Burns dan cracking. Sama halnya seperti yang sudah kami sampaikan mengenai waktu dan cara mencuci kendaraan yang baik.

Tar atau yang bias kita sebut aspal adalah permasalahan yang paling sering dihadapi di Indonesia jika di bandingkan dengan getah dan kotoran burung. Hal ini disebabkan Indonesia saat ini sedang gencar dalam pembangunan infrastruktur dan dikarenakan mobilitas dan jumlah kendaraan yang sangat tinggi maka sering kita jumpai, jalan yang sebenarnya belum layak dilewati karena baru saja dilapisi aspal namun sudah dapat dilalui kendaraan. Hal ini tentunya sangat berdampak pada residu yang menempel pada body kendaraan. Jika tidak segera ditangani secara tepat, hal ini juga dapat menjadi permasalahan pada lapisan permukaan cat kendaraan anda.

Water Spots, Water Marks atau flek akibat tertahannya air sampai mengering dilapisan permukaan cat kendaraan anda adalah permasalahan yang paling umum dan sering dialami oleh sebagian besar pemilik kendaraan bermotor. Umum namun sebaiknya tidak disepelekan, perlu diketahui air yang berasal dari alam langsung adalah air yang berbahaya bagi cat kendaraan anda. Air hujan maupun air tanah sama-sama berbahaya, air hujan biasanya ber ph sangat rendah, sedangkan air tanah biasanya mengadung zat besi atau kapur yang tinggi yang tentunya dapat mengakibatkan korosi jika tidak ditangani dengan cepat baik dan benar.

SONY DSC

Daun-daun yang berjatuhan dan membusuk diatas pemukaan cat kendaraan anda juga dapat menimbulkan masalah serius berupa flek terutama jika sudah terkena panas dan hujan berkali-kali. Hal ini disebabkan karena disetiap daun memiliki kadar tanin, tanin yang terhidrolis ataupun terkondensasi akibat cuaca tentunya akan berdampak pada permukaan cat kendaraan anda. reaksi yang biasa ditemukan dari tanin daun pada cat kendaraan anda adalah dapat meninggalkan bercak warna yang sulit utuk dihilangkan jika hanya dengan cara dicuci saja.

Tidak jauh berbeda dengan getah dan kotoran burung. Serangga juga sangat mengandung acid yang dapat memberikan bekas yang sulit dihilangkan pada permukaan cat kendaraan anda. Terutama serangga yang berkulit keras selain memiliki tingkat kandungan acid yang tinggi, potensi merusak clear coat sangatlah tinggi.

Kotoran serangga atau madu dari lebah juga dapat menjadi salah satu permasalahan pada cat kendaraan anda. Selain bersifat asam, bee pollen dari lebah madu sangat lengket dan sulit untuk dibersihkan jika menempel pada lapisan cat kendaraan anda. Jika sudah terlanjur mengering jangan sekali-kali mencoba membersihkan dangan cara manggaruk kotoran menggunakan kuku jari anda, hal tersebut dapat memperparah keadaan. Carilah pembersih khusus dengan tingkat lubrikasi yang tinggi.

Mold & Algae atau yang biasa disebut jamur & fungus adalah gambaran cara merawat kendaraan terburuk. Jika anda mengalami kondisi seperti ini berarti tempat penyimpana kendaraan anda sangat jarang terekspos sinar matahari dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Periksa dan bersihkan terutama bagian ceruk dan celah disetiap sudut kendaraan anda. Jika kondisi dirasa cukup parah, detailing harus dilakukan secara comprehensif didukung dengan metode penguapan untuk membunuh jamur dengan memanaskan dan mensanitasi kendaraan anda.

Akibat panasnya gesekan kampas rem pada saat proses pengereman kendaraan terkadang banyak menghasilkan residu ditambah dengan sedikit oli yang berasa dari power steering atau tierod menjadi perpaduan kontaminan yang tidak bisa disepelekan. Rajinlah melakukan pengecekan, pembersihan bahkan perbaikan jika dirasa perlu untuk meminimalisir kotoran yang mengendap dibagian velg kendaraan anda. Jika didiamkan lama-kelamaan akan mengkororsi velg anda.

Sangatlah baik jika anda secara rutin melakukan pembersihan velg dari endapan kotoran akibat pemakaian dan kondisi cuaca dijalan raya. Namun penting diperhatikan bahwa dalam melakukan perawatan kendaraan khususnya velg sangat perlu pengetahuan terutama terhadap jenis chemical yang digunakan. Banyak chemical dipasaran yang mengandung strong acid yang dapat merusak bagian kendaraan yang dibersihkan. Pengalaman, pemahaman tentang merek produk perawatan yang kami gunakan serta pengetahuan tentang kimia industri otomotif membuat kami dapat secara tepat menggunakan setiap bahan material sesuai dengan kegunaannya dengan maksimal.